SELAMAT DATANG DI BLOG MARGA OZAWA

"ILMU TANPA AGAMA ADALAH PINCANG DAN AGAMA TANPA ILMU ADALAH BUTA BACA DAN BELAJARLAH ATAS NAMA TUHANMU, TUHAN YANG MENGUASAI SELURUH ALAM YAITU ALLAH, DIA TELAH MEMERINTAHKAN KITA UNTUK BELAJAR, INGATLAH NABI MUHAMMAD KETIKA DIAJARI MEMBACA OLEH JIBRIL DAN ALLAH MENYURUH NABI UNTUK MEMBACA DAN BELAJAR"(Marga AS Saputra)

Senin, 18 Oktober 2010

Jelek Adalah Seni

Keburukan atau Kejelekan adalah seni maha karya tinggi yang harus dihargai dan dihormati, tapi jelek yang di maksud bukan sifat dan watak melainkan suatu polemik atau yang berwujud fisik bukan perilaku. Contoh keburukan tersebut dapat berupa penampilan fisik, karya-karya dari seniman, bahkan kita sendiri termasuk pembuatnya dalam hal ini yang kebanyakan orang memandangnya dengan sebelah mata. Contoh pertama adalah tulisan kita yang jelek dan sulit terbaca, semua orang akan mengejek bentuk tulisan kita yang sangat jelek tersebut, tapi sesungguhnya mereka salah, mereka tidak pernah mengerti bahwa yang mereka ejek adalah maha karya seni yang tinggi. Jangan menjadi malu dengan tulisan kita yang jika dipandang sekilas seperti benang kelayang yang ruwet, tapi pandanglah dengan kebanggan karena itu adalah karya kita, yang membuat kita berbeda dengan teman kita yang lainnya yang selalu menunjukan tulisan indahnya. Sekarang anda pikir jika semua orang mempunyai kemampuan yang sama, mampu membuat tulisan indah dan rapi maka perbedaan akan sulit dilihat dan dunia jadi tampak tidak meriah. Tulisan adalah karya manusia yang harus kita hormati bagaimana pun bentuknya, jangan pernah menghina tulisan orang lain yang anda pikir jelek dan tidak berguna, itu adalah persepsi anda yang mengatakan tulisan teman anda adalah buruk dan jelek, tapi jika dihadapkan dengan keunikan maka tulisan teman anda itulah yang akan saya anggap paling menawan. Sekarang saya akan menguji anda dengan 2 tulisan yang berbeda kerapiannya, yang pertama tulisan bagus dan yang kedua tulisan jelek. Jika anda saya berikan 2 tulisan tersebut secara bergantian dan anda harus membacanya dengan benar setiap kata dan hurufnya maka anda akan merasa mudah ketika anda membaca tulisan yang bagus, akan tetapi jika anda membaca tulisan kedua yang jelek maka pastinya anda akan tersendat-sendat, anda perlu konsentrasi yang tinggi bahkan anda ada yang tidak dapat anda baca. Tapi bagi penulismya itu sangat mudah karena dialah masternya, dia yang membuat karya seni tersebut, dan baginya untuk membaca tulisan oarang lain yang bagus dia juga mampu dengan baik dalam melakukannya. Itulah seni yang tidak anda ketahui, itulah karya manusia yang kadang dipandang buruk tapi kebanyakan orang tidak tahu makna yang terkandung didalamnya. Ada contoh lainnya yaitu resep obat dokter, bagaimana menurut anda apakah itu bukan karya seni? itu adalah karya seni karena anda tidak mampu membacanya tapi apoteker akan dengan mudah membacanya.

Keburukan dalam hal lain yang biasa menjadi bahan ejekan orang adalah keadaan tubuh yang jelek, muka yang jelek, cacat, penyakitan, dan sebagainya. Banyak contoh didunia ini yang menunjukan fenomena seperti ini, sering teman kita bahkan kita sendiri mengejek teman kita yang memang kurang pembersih dan dari tampang juga terlihat kuarang ganteng. Teman kita yang lebih bagus tampangnya akan lebih mudah mengejak dan memperolokkan teman kita tersebut, dan hal ini terjadi dilingkungan tempat saya menggali ilmu. Anda salah jika anda mengejek teman anda yang jelek, sekarang anda pikir kenapa muka anda ganteng? cantik? dan tidak jelek seperti anggapan anda terhadap teman anda yang kurang tersebut? Jawabannya karena Tuhan menganggap anda tidak mampu jika dikaruniai wajah buruk. Tapi teman anda mampu dan dia adalah orang yang lebih tegar dari anda, harusnya anda bersyukur dengan pemberian Allah. Manusia walau bagaimana pun adalah ciptaan Allah yang mempunyai kelebihan dan kekurangan, dan bersyukurlah atas apa yang anda miliki. Sekarang jika kita semua ganteng dan cantik tidak ada oarang ayang jelek, akan indahkah dunia ini? Jawabannya adalah tidak, maka kejenuhan akan muncul dimana-mana karena Tuhan tahu manusia adalah makhluk pembosan dan tidak mengenal puas.

Dari segi ekonomi mengapa kita miskin? jangan minder dan merasa terhina dengan keadaan ekonomi dikelas bawah karena kita merupakan orang pilihan yang mampu dan tegar dalam menghadapinya, contoh banyak orang kaya yang jatuh miskin menjadi gila tapi tidak sebaliknya. Itu karena orang miskin mempunyai kemampuan yang tinggi dan tingkat kesetabilan yang tinggi jika dibandingkan dengan orang kaya. Sekarang pikir lagi jika semua orang didunia ini kaya tidak ada orang miskin apa yang terjadi? maka akan terjadi kekacauan siapa yang jadi pembantu? siapa yang jadi pekerja? siapa yang jadi guru? siapa yang jadi supir? dan sebagainya. Maka bersyukurlah dengan posisi kita dalam sosial ekonomi karena kita punya fungsi dan peran masing-masing yang saling terkait satu sama lain, dan bagi anda yang kaya jangan pernah menghina oarang miskin. Karena tanpa mereka kita bukan apa-apa, dan anda orang yang kaya tidak akan mampu menjadi orang miskin.

Keburukan tidak selamanya buruk dan keindahan tidak selamanya indah, ingat kita hidup didunia yang tidak kekal maka segala sesuatunya akan berubah sesuai kodratnya, maka bersyukurlah dengan apa yang kita miliki, lihat kebawah jagan lihat keatas, dibawah masih banyak oarang yang lebih sengsara dari kita. Jangan pernah merasa berkecil hati jika kita mempunyai keburukan yang didoktrinkan orang lain kepada kita karena dia lebih buruk dari kita, karena orang yang menghina menunjukan dirinya adalah apa yang ia hinakan. Tetap jaga seni maha tinggi yang pernah anda berikan dalam hidup anda pandanglah dari sudut pandang yang berbeda, jangan selalu memandangnya sesui dengan cara pandang orang lain, karena kita yang buat, kita yang punya dan pastinya kita yang mengusai dan mampu melakukannya.

Oleh : Marga Ozawa

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel

Maroz & Gosti-Gadis Rimbo Bujang

Video Lucu Eko Kanibal

Bagaimana Menurut Anda Tentang Blog Ini?